Etika Kerja dan Bisnis

Komitmen kepada Pemangku Kepentingan

Dalam rangka mengusung implementasi Etika Kerja dan Bisnis yang baik, Perusahaan memegang teguh komitmen terhadap pemangku kepentingan. Komitmen tersebut diuraikan melalui penjelasan di bawah ini.

Pemegang Saham  Memberikan nilai tambah bagi pemegang saham melalui peningkatan laba yang berkelanjutan dan dividen yang besar bagi pemegang saham.

Pelanggan  Mengutamakan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui peningkatan mutu produk sesuai harapan pelanggan secara berkesinambungan.

Pekerja  Memberikan kesempatan pengembangan karir dan kompetensi tanpa adanya diskriminasi sesuai dengan talenta dan kinerjanya. Meningkatkan kesejahteraan pekerja dan menciptakan hubungan kerja yang dinamis, harmonis dan seimbang.

Mitra Kerja dan Mitra Usaha Meningkatkan iklim saling percaya, menghargai dan memupuk kebersamaan dengan mitra sesuai dengan kaidah-kaidah bisnismelalui hubungan yang saling menguntungkan, mengutamakan pencapaian hasil yang optimal sesuai standar yang terbaik serta menerapkan praktik-praktik usaha yang sehat sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Masyarakat Melaksanakan program sosial dan kemasyarakatan untuk memberdayakan potensi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar serta menjaga kelestarian lingkungan.

Pemerintah  Membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah, melalui komitmen untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sekilas Etika Kerja dan Bisnis

Etika Kerja dan Bisnis (EKB) mencakup seperangkat aturan perilaku yang dimiliki oleh pekerja PT Pertamina EP, baik dalam hubungan internal/antara sesama pekerja PT Pertamina EP maupun dengan pihak eksternal. EKB merupakan referensi bagi pekerja yang mengalami keragu-raguan dalam menjalankan kegiatan bisnis pada situasi-situasi tertentu.  EKB Perusahaan terbagi atas tujuh poin utama:

  1. Kesetaraan & Profesionalisme  Proses menuju PT Pertamina EP World Class dibangun melalui pengembangan pekerja yang profesional berlandaskan tata nilai, berintegritas, berwawasan luas dan saling menghargai serta didukung oleh lingkungan kerja yang kondusif. Bagian ini memuat panduan terkait dengan isu kesamaan kesempatan, pelecehan, Penyalahgunaan Psikotropika, dan Hubungan Profesional.
  2. Integritas Bisnis  PT Pertamina EP menjalankan seluruh kegiatan bisnisnya secara transparan, wajar, dapat dipertanggungjawabkan dan bersikap independen. Bagian ini memuat panduan terkait dengan Benturan Kepentingan,Cinderamata & Keramahtamahan, dan Korupsi.
  3. Pengamanan Data & Informasi PT Pertamina EP mengelola dan menjaga kerahasiaan data dan informasi bisnis dengan baik serta memanfaatkannya secara optimal hanya untuk kepentingan perusahaan. Bagian ini memuat panduan tentang Kerahasiaan Data & Informasi,Kekayaan Intelektual, dan Record Management.
  4. Politik PT Pertamina EP dikelola secara profesional dan tidak terkait dengan kegiatan politik. Perusahaan bersikap netral terhadap aktivitas politik dan memberi kesempatan kepada setiap pekerja untuk menyalurkan aspirasi politiknya, namun apabila pekerja memutuskan untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik maka harus mematuhi ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.
  5. Finansial, Kinerja & Perlindungan Aset PT Pertamina EP mencatat dan melaporkan transaksi bisnis secara akurat, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya serta mengelola dan melindungi aset perusahaan dalam rangka menjamin kelangsungan usahanya. Aset perusahaan merupakan aset berharga yang dikelola dan/atau dikuasai oleh perusahaan baik berupa aset fisik maupun non-fisik yang digunakan hanya untuk kepentingan bisnis dan tujuan perusahaan. Oleh karena itu, aset perusahaan harus dijaga dan dikelola dengan baik untuk mempertahankan manfaatnya.
  6. Kepedulian Terhadap Komunitas PT Pertamina EP selalu mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan. Dalam bagian ini dijelaskan mengenai aspek HSE (Health, Safety, and Environment) dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
  7. Persaingan Usaha PT Pertamina EP menyadari pentingnya kegiatan rantai suplai secara efektif, efisien, kompetitif, transparan, adil, bertanggung jawab, mendukung dan menumbuhkembangkan kemampuan nasional serta berwawasan lingkungan. Perusahaan mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui persaingan usaha yang sehat serta tunduk dan patuh kepada ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Download etika kerja dan bisnis