Penjualan Migas

Komersialitas Minyak dan Gas adalah kegiatan lifting minyak mentah dan gas bumi dari hasil kerja sendiri (Own Operation), Mitra TAC ataupun KSO. Produksi minyak mentah akan disalurkan untuk diolah ke kilang domestik PT Pertamina (Persero). Sedangkan untuk gas bumi, hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen.

Mengedepankan kepentingan konsumen, maka perusahaan memiliki mekanisme pengaduan konsumen sebagai berikut:

  1. Komplain dari Konsumen dalam hal ini PT Pertamina (Persero) disampaikan melalui surat kepada Perusahaan dan ditembuskan kepada SKKMIGAS atau dapat langsung ke SKKMIGAS. Komplain biasanya meliputi jumlah volume dan atau spesifikasi minyak.
  2. Komplain tersebut ditindaklanjuti melalui verifikasi (jumlah volume yang berbeda) atau analisa di laboratorium independen (spesifikasi minyak).
  3. Setelah hasil verifikasi atau analisa sudah didapatkan, selanjutnya Perusahaan menindaklanjuti untuk menyelesaikan komplain tersebut.
Selain pengaduan melalui surat seperti disebutkan diatas, Perusahaan mengadakan koordinasi penyaluran minyak, shipper coordination, dan workshop optimalisasi lifting secara berkala sebagai tindak lanjut dari keluhan konsumen dan sebagai kontrol optimalisasi lifting kedepannya