Pertamina EP Sabet 14 Penghargaan di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2016

25 Mei 2016

Jakarta - Pertamina EP berhasil meraih 14 penghargaan dalam 5 kategori di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2016 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. Pemberian penghargaan IGA di selenggarakan di Taman Honda Tebet, Jakarta, pada Sabtu (21/5).

Ke empat kategori tersebut adalah, Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, Pelopor Pencegahan Polusi, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, dan Mengembangkan Pengelolaan Sampah Terpadu.

Indonesia Green Awards 2016 merupakan penyelenggaraan tahun ke-7. Dalam penyelenggaraannya pada tahun 2016 ini, panitia membuat sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya.

Biasanya kegiatan penganugrahan dilakukan di hotel, tetapi pada tahun ini penganugerahannya dilakukan dengan acara festival yang memungkinkan masyarakat umum terlibat di dalamnya.

"Pameran inisiatif hijau dari berbagai pihak menjadi sajian penting bagi publik. Di samping itu, tentu saja panggung - panggung presentasi dan edukasi yang dipersembahkan oleh para penginspirasi lingkungan", ujar La Tofi.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Muhammad Baron Public Relation Manager PT Pertamina EP menyampaikan bahwa ajang ini juga menjadi salah satu penilaian untuk unit operasi menuju ajang Proper Kementerian Lingkungan Hidup.

"Ajang ini seperti pemanasan bagi kami, sekaligus untuk review apakah yang sudah kami lakukan selama ini bisa masuk dalam kategori Proper terutama program unggulan untuk peringkat Hijau dan Gold", ujarnya.

Berikut daftar penerima Indonesia Green Award 2016

1. Penyelamatan Sumber Daya Air, dengan program "Sekolahku Bangga Memiliki Waste Water Garden (WWG)" - Field Rantau.

2. Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan, dengan program "Integrasi Ternak Sapi dan Biogas Jambisari" - Field Jatibarang, program "Pemanfaatan Limbah Ternak di Kawasan CSR Terpadu Pertamina Lirik" - Field Lirik.

3. Pelopor Pencegahan Polusi, dengan program "Pencegahan Polusi Udara dari Pembakaran Limbah Pelepah Sawit" - Field Rantau, program "Kampung Jamur Merang & Upaya Pengurangan Emisi Karbon" - Field Subang, program "Kampanye Adaptasi Perubahan Iklaim Melalui Penanaman Pohon Penyerap CO2 di Wisata Alam Pertamina Lirik" - Field Lirik.

4. Mengembangkan Keanekaragaman Hayati dengan program, "Subang Field Sahabat Bumi" - Field Subang, program "Konservasi Habitat Orang Utan" - Field Rantau, program "Konservasi Harimau Sumatera melalui Pembinaan Habitat Mangsa Harimau Sumatera di Indragiri Hulu" - Field Lirik, program "Cegah Alih Fungsi Hutan Mangrove Melalui Rehabilitasi dan Pengembangan Ekowisata Mangrove" - Field Pangkalan Susu.

5. Mengembangkan Pengelolaan Sampah Terpadu dengan program, "Karanganyar Hijau" - Field Jatibarang, program "3R non B3" - Field Subang, program "Edukasi & Pemanfaatan Sampah di Rumah Kompos Hemat Energi & Ramah Lingkungan" - Field Lirik. (pep)