Peduli DBD, Jatibarang Field selenggarakan Fogging dan Pelatihan Kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik)

16 Februari 2016

Indramayu - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu, membuat Pertamina EP Jatibarang Field ikut prihatin. Sebagai salah satu perusahaan yang menjalankan operasi di wilayah Indramayu, Pertamina EP Jatibarang Field ikut berbagi peduli dengan melakukan program gerakan pencegahan dan penangulangan demam berdarah.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah melaluli fogging (pengasapan) di Desa Desa yang merupakan endemis DBD di Kecamatan Patrol, Rabu (10/2). Fogging dilakukan bagi 1.500 kepala keluarga (KK) di empat Desa yang ada di Kecamatan Patrol yaitu Desa Patrol, Patrol Lor, Arjasari dan Mekarsari.

Jatibarang Legal and Relation Assistant Manager, Zurni Laili Safrida mengatakan kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Kesehatan dari Pertamina EP Jatibarang Field. Dikatakan Pertamina sangat prihatin melihat banyaknya warga Indramayu yang terserang DBD sehingga berupaya untuk membantu melakukan pencegahan maupun penanganan.

“Adapun dipilihnya Empat Desa di Kecamatan Patrol yang menjadi lokasi fogging, merupakan hasil koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu” ungkap Zurni.

Sekretaris Kecamatan Patrol Udi Mashudi pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari pihak Pertamina. Menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang sedang terkena musibah DBD.

"Bantuan fogging ini sangat bermanfaat untuk membantu mencegah berkembangnya jentik nyamuk pembawa virus DBD, semoga pasien DBD di Kabupaten Indramayu dapat berkurang", ujar Udi Mashudi.

Sebelum melakukan kegiatan fogging juga digelar pelatihan kader Jumantik (Juru Pemantau Jentik) dan sosialisasi DBD di Kantor Kecamatan Patrol, kegiatan ini diantaranya menghadirkan narasumber Prihatin, dari UPTD Puskesmas Patrol, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. (pep/kmr)