Pakan Ikan Produk Kelompok Binaan PT Pertamina EP Lirik Bakal Bersertifikat SNI

16 Februari 2016

Lirik – Kelompok Perikanan "Tumbuh Bersama" binaan CSR PT Pertamina EP Asset 1 Lirik Field, baru-baru ini bermaksud melakukan sertifikasi pakan ikan produksinya melalui produk yang berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia) dengan tujuan mengembangkan inovasi dalam budidaya perikanan.

"Pendaftaran pakan ikan ini menjadi pendaftaran pertama yang dilakukan oleh kelompok masyarakat di Indonesia, kami sangat apresiasi sekali," terang Novieanto Poernomo, S.Pi, M.Si selaku staff subdit mutu pakan dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan & Perikanan disela-sela kunjungannya di Kawasan CSR Terpadu Pertamina – Wisata Alam Pertamina Lirik (12/2).

Lebih lanjut, Novie menjelaskan bahwa saat ini, sampel pakan ikan milik kelompok "Tumbuh Bersama" sedang diuji di laboratorium.

"Sampel ini akan kami kirim ke laboratorium di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) di Sukabumi, " ucap Novie seraya menambahkan hasil uji laboratorium dapat diketahui sekitar tiga minggu kedepan.

Plt Ketua Kelompok Tumbuh Bersama, Dicky Ariffandi, mengungkapkan ada dua jenis pakan ikan yang diproduksi kelompok.  "Dua jenis pakan ikan tersebut kami beri nama WA-01 dan WA-02. WA-01 adalah jenis pakan ikan yang lebih halus. Kalau WA-02 adalah jenis pakan ikan yang lebih besar," ujarnya.

Dicky menjelaskan bahwa selama ini kelompok membuat pakan ikan dengan menggunakan dua unit mesin. "Awalnya kita membuat pakan dengan menggunakan mesin yang diberikan oleh Pertamina, dan kita juga mendapat bantuan mesin pembuat pakan dari Kementerian, "terangnya.

Hingga kini dua unit mesin tersebut masih digunakan. Sebagian besar pakan ikan yang diproduksi digunakan untuk pembudidayaan perikanan kelompok, sebagian lagi dijual di wilayah kabupaten INHU, dan apabila telah bersertifikat  SNI akan dibeli oleh Pemda Kabupaten INHU dan Propinsi Riau untuk didistribusikan ke Seluruh Provinsi Riau.

Dicky berharap apabila pakan ikan kelompok sudah mendapatkan standar SNI maka kualitas produk terjamin sehingga produksi semakin kompetitif diantara produk pakan ikan yang ada di pasaran dan jumlah produksi dapat semakin ditingkatkan jumlahnya. Hal ini juga menjadi kunci dalam pengembangan budidaya perikanan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Hulu.

Sementara itu, ditemui di kesempatan yang sama, Legal & Relations Assistant Manager, Ahmad Jabbar, menyampaikan bahwa perusahaan turut mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh kelompok. "Alhamdulillah apabila nanti ini disetujui makan produk pakan ikan buatan kelompok "Tumbuh Bersama" menjadi pakan ikan pertama yang berstandar nasional. Kami akan terus mendukung kelompok hingga mencapai kemandirian ekonomi," ujarnya. (pep/IAP)