Fokus Terhadap Keselamat Kerja, Tambun Field Gelar Peringatan Bulan K3

11 Februari 2016

Foto : Dipimpin Tambun Field Manager, Abdullah para pekerja Tambun Field mengikuti peringatan bulan K3 di SP Field Tambun (11/2).

Tambun - PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field menggelar peringatan Bulan K3 Nasional di kantor Tambun Field bersama seluruh pekerja pada Kamis (11/2). Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan untuk lebih meningkatkan pemahaman serta implementasi aspek HSSE atau keselamatan kerja kepada para pekerja diseluruh lingkup PT Pertamina EP.

“Pertamina menerapkan standar safety yang terbaik agar semua pekerja dan mitra dapat bekerja dengan aman. Hal tersebut tertuang dalam komitmen utama Pertamina dalam menjalankan segala unit bisnisnya” ujar Tambun Field Manager, Abdullah.

Abdullah memaparkan aspek safety (keselamatan) menjadi tolak ukur utama baik atau tidaknya performa suatu perusahaan selain produksi dan profit perusahaan yang dihasilkan. “Pencapaian produksi yang baik akan terlihat percuma jika tidak diimbangi dengan tingginya jam kerja selamat para pekerjanya” tambahnya.

Berbagai kegiatan yang berfokus pada peningkatan kesadaran akan keselamatan kerja dipastikan akan digelar Tambun Field dalam rangka peringati bulan K3 Nasional tahun ini seperti penanganan keadaan darurat, pelatihan first aider, fire drill, perlombaan cerdas cermat Heath, Safety, Security and Environment (HSSE), hingga sosialisasi penanganan kebakaran api ringan (APAR) ke sekolah – sekolah disekitar wilayah operasional Tambun Field.

“Rangkaian acara ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat awareness dan pemahaman SDM terhadap aspek HSSE sehingga diharapkan pengawasan terkait implementasi di lapangan dapat lebih efektif” papar Abdullah.

Selain ditandai dengan beberapa kegiatan sosialisasi dan edukasi, Abdullah juga mengungkapkan Pertamina juga menerapkan PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja) online sebagai salah satu tools dalam mengimplementasikan HSSE Golden Rules. PEKA menyaratkan bahwa setiap pekerja maupun mitra kerja Pertamina berhak dan wajib untuk melaporkan setiap tindakan beresiko (unsafe act), kondisi tidak aman (unsafe condition), dan near miss (hampir celaka) dalam kegiatan sehari – hari.

Lebih lanjut Abdullah menyampaikan, Seluruh pekerja Tambun Field juga sudah  memiliki sertifikasi Basic HSSE Training dan akan dilakukan Advance Safety Training untuk level dan pekerjaan tertentu.

“Pencapaian pengelolaan HSSE Tambun Field juga sudah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dalam pengelolaan lingkungan Tambun meraih peringkat PROPER Hijau sejak tahun 2012, ini menunjukkan bahwa perusahaan memang berkomitmen tinggi terhadap aspek keselamatan kerja” jelas Abdullah.

Untuk diketahui, pada tahun 2015, rekapitulasi jam kerja selamat Tambun Field mencapai angka 2,526,226 jam. “Angka tersebut naik dari pencapaiaan jam kerja selamat pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 2,163,027 jam,” tutup Abdullah. (pep)