PT Pertamina EP Gelar Konferensi Pers Penanggulangan Kebakaran Di Sumur RDG-47 Jatibarang Field

09 Februari 2016

Foto : Direktur Hulu Syamsu Alam saat menyampaikan keterangan kepada rekan media. (Zaky / PEP Channel)

Jakarta – PT Pertamina EP menggelar konferesi pers terkait safety stand down pada Selasa (9/2/2016). Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam kali ini memimpin acara dengan didampingi oleh jajaran direksi PT Pertamina EP seperti Production and Operation Director Pribadi Mahagunabangsa, Exploration and New Discovery Project Director Nanang Abdul Manaf, Herutama selaku Development Director serta Finance Business and Support Director, Lukitaningsih.

Dalam keteranganya kepada rekan media Syamsu Alam mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sebagai wujud pentingnya pemahaman dan implementasi aspek HSSE di industri hulu migas yang berkaitan erat dengan resiko tinggi.

 “Melalui kegiatan ini saya mewakili jajaran direksi Pertamina mengajak dan menghimbau seluruh pekerja dan mitra Pertamina terutama di sektor hulu agar semakin memperhatikan faktor HSSE” ungkap Syamsu Alam.

Seperti diketahui sebelumnya tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) PT Pertamina EP Jatibarang Field berhasil menanggulangi kebakaran yang terjadi di sumur RDG-47 saat sedang ada aktifitas reparasi sumur dengan Rig Pumpindo PEP 08 pada Senin (8/2/2016).

Syamsu Alam mengungkapkan kebakaran terjadi di sumur RDG-47 pada Senin dinihari, dan pagi harinya api berhasil dipadamkan tim PKD Jatibarang Field.

“Sesaat setelah kebakaran terjadi aktifitas reparasi sumur langsung dihentikan. Operasi akan kembali dimulai setelah proses investigasi yang dilakukan oleh Kementerian ESDM, SKK Migas dan pihak Kepolisian selesai dilakukan” papar Syamsu Alam.

Insiden ini sendiri mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan lima korban luka lainnya sudah dirawat secara intensif di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta setelah sebelumnya di rawat di RS Sumber Waras, Cirebon.

Syamsu Alam yang sempat menjenguk korban luka bersama Pribadi Mahagunabangsa pagi tadi menyampaikan keprihatinannya atas nama direksi perusahaan terhadap kejadian ini.

“Sekali lagi kami sangat menyesalkan kejadian ini dan mengucapkan belasungkawa terhadap keluarga yang ditinggalkan. Kedepan kami berkomitmen akan meningkatkan ketegasan terkait segala sesuatunya dengan safety” pungkas Syamsu Alam.