PT Pertamina EP Sangatta Field Gandeng TNI AL Gelar Donor Darah Dan Sosialisasi Meningitis

23 April 2015

Foto : Antusiasme pakerja PT Pertamina EP Sangatta FIeld dan masyarakat sekitar menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan.

Sangkima - Dalam rangka terus mengkampanyekan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat kepada pekerja dan masyarakat sekitar Perusahaan, PT Pertamina EP Sangatta Field bersinergi dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) 0909/Sangatta dan PMI cabang Sangatta mengadakan kegiatan Donor Darah, Jumat (10/4/2015) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sangkima, Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada PMI dalam mencapai target Donor Darah Nasional yang ditetapkan pada tahun 2015, dimana PMI menargetkan dapat menggalang hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional, disesuaikan dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.

Pada kesempatan tersebut, beberapa perwakilan management PT Pertamina EP Sangatta Field turut menyumbangkan darahnya bersamaan dengan Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Dadang Soemantri, Persatuan Istri Perwira Lanal Jalasenastri Cabang 8 Korcab VI, Kepala Desa Sangkima, Persatuan Wanita Patra (PWP), PKK dan warga Desa Sangkima, Anggota Lanal Sangatta dan tentu saja karyawan PT Pertamina EP.

Sebanyak 31 kantong darah berhasil dikumpulkan yang selanjutnya akan didistribusikan oleh PMI untuk kebutuhan beberapa rumah sakit di Kutai Timur. Untuk menjaga keamanan darah terhadap resiko penularan infeksi dari donor kepada pasien penerima darah, nantinya setiap kantong darah akan dilakukan uji saring terhadap infeksi meliputi Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV.

Selain itu, untuk membekali masyarakat agar lebih sigap dan waspada dengan gejala penyakit yang kadang tidak disadari, dalam acara tersebut juga dikupas tuntas sosialisasi mengenai penyakit meningitis yang disampaikan oleh Sangatta Medical Senior Supervisor, dr. Ahmad Fuad.

Mengutip penjelasan yang diberikan oleh dr. Ahmad Fuad yang akrab dipanggil dr. Fuad ini, penyebab penyakit meningitis berasal dari adanya infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang. “Meningitis mudah menyerang seseorang yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, infeksi saluran pernapasan akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok.”

“Penularan meningitis pada umumnya terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau terpaparnya cairan tubuh penderita melalui ludah, dahak, ingus, cairan bersin, dan cairan tenggorokan.”

Oleh karena itu, untuk mencegah terkena penyakit meningitis, dr. Fuad menyarankan untuk menerapkan perilaku hidup bersih, seperti kebiasaan mencuci tangan, mengenakan masker terutama saat bepergian ke wilayah endemik meningitis, mengkonsumsi makanan dan minuman dengan asupan nutrisi seimbang, dan vaksinasi.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Abdul Muhar selaku Sangatta Field Manager, Beliau menekankan dengan adanya sinergisitas kegiatan bersama yang melibatkan tiga elemen masyarakat meliputi TNI, Perusahaan dan warga desa ini diharapkan menjadi awal dari upaya membangun komunikasi yang harmonis dalam mensejahterakan masyarakat bersama-sama.“Antara Lanal Sangatta dan PT Pertamina EP alhamdulillah telah menjalin hubungan yang sangat baik, semoga hubungan baik ini dapat terus dipertahankan dan kualitasnya dapat terus ditingkatkan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Dadang Soemantri turut memberikan apresiasi kepada PT Pertamina EP Sangatta yang telah memberikan partisipasi dan kontribusi dalam kegiatan Donor Darah dan Sosialisasi Kesehatan. (pputri)