PT Pertamina EP Raih pengahagaan pada ajang SINDO Media Apresiasi CSR 2017

02 Februari 2018

Jakarta - SINDO MEDIA  memberikan apresiasi kepada 27 perusahaan yang aktif menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR). SINDO MEDIA menganggap penting CSR sebagai bentuk kepedulian sosial yang berdampak besar bagi bangsa. Pemberian penghargaan SINDO Media Apresiasi 2017 dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Kamis, (25/01/18).

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, kegiatan CSR sangat penting dilakukan oleh perusahaan, baik sektor swasta maupun BUMN, sebagai penyeimbang antara kegiatan korporasi dan sosial.

"Dalam kebijakan grup kami paling tidak CSR merupakan pengimbangan dari semua kegiatan kita dalam kegiatan korporasi, khususnya bidang komersial. Paling tidak juga ada kegiatan yang mengimbangi yang terkait dengan kegiatan sosial," kata HT.

Pada Kegiatan ini, PT Pertamina Ep mendapatkan satu penghargaan pada kategori pendidikan melalui Program Sekolah Tapal Batas yang berada di Pulau Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Sekolah Tapal Batas merupakan sekolah yang didirikan oleh yayasan Ar-Rasyid yang diperuntukan kepada anak-anak TKI yang selama ini belum dapat mengenyam pendidikan diperbatasan Malaysia-Indonesia. Sekolah ini didirikan pada tahun 2014 dengan diperakarsai seorang ibu bidan bernama Hj. Suraidah S.SKM, MNSc dengan didukung oleh Camat Kecamatan Sebatik Tengah. Keberadaan sekolah ini tidak seperti sekolah pada umumnya yang didatangi murid secara otomatis saat penerimaan murid baru. Guru-guru yang merupakan sukarelawan Sekolah Tapal batas ini harus exstra kerja keras untuk menyakinkan orang tua murid yang rata-rata bekerja sebagai buruh di perkebunan kelapa sawit Malaysia, untuk dapat menyekolahkan anaknya karena kondisi sekolah tapal batas memang berada di bawah kolong bangunan rumah.

Melihat kondisi seperti itu, Pertamina Ep Field Tarakan dengan program CSR-nya hadir memeberikan bantuan kepada sekolah dan murid-murid di Sekolah Tapal Batas. Pertamina EP Field tarakan memberikan sarana belajar, seragam sekolah, sepatu dan tas yang layak kepada 122 siswa-siswi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang hadir, mengapresiasi kepada SINDO MEDIA yang telah memberikan apresiasi ini. Dia menerangkan, apresiasi ini bisa memotivasi perusahaan lain untuk peduli terhadap masyarakat.

Puspayoga mengatakan, pemerintah meski memiliki APBN dengan nilai triliunan rupiah tidak akan bisa sendirian meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan tingkat kesejahteraan yang diidamkan masyarakat. "Peran serta perusahaan swasta dan juga BUMN melalui CSR inilah yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan sekaligus memeratakan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Apresiasi yang sama disampaikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo kepada SINDO MEDIA yang telah memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR. Dia mengatakan, CSR adalah bentuk kepedulian sosial yang bisa mengurangi ketimpangan di Tanah Air.