Forum Komunikasi HSSE Wujudkan Komitmen Bersama

02 Februari 2018

Jakarta - PT Pertamina EP mengadakan forum komunikasi HSSE yang dihadiri oleh mitra kerja dalam bidang drilling, workover dan exploration sebagai upaya untuk mewujudkan komitmen bersama dalam menerapkan budaya HSE pada seluruh kegiatan drilling dan workover. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Raffles Jakarta ini dihadiri oleh 10 mitra usaha yang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama, Rabu (30/01).

Development Director PT. Pertamina EP, John H. Simamora yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa PT Pertamina EP selalu mengedepankan kepatuhan dan integrasi HSE dalam setiap kegiatan. Dalam kebijakan ini, Pertamina EP tidak mentolerir unsafe action dalam setiap kegiatan, dan hal ini tidak hanya berlaku pada pekerja PT Pertamina EP saja tapi juga berlaku untuk mitra kerja yang berada di wilayah kerja PT Pertamina EP.

Dirinya mengatakan bahwa dari hasil investigasi insiden di PT Pertamina EP selama lima tahun ini, diketahui bahwa kegiatan drilling dan workover adalah penyumbang angka kecelakaan tertinggi yang disebabkan oleh perilaku kerja yang tidak aman.

"Untuk menanggulanginya, kami mengadakan benerapa program antara lain adalah penerapan PEKA Observation bagi manajemen dari level astman keatas, selain itu ada juga HSE coach yang sudah dilaksanakan selama tiga bulan terakhir," ujar John.

Hal tersebut dirasakan John harus bisa ditanggapi positif oleh para mitra kerja, khususnya para pemimpin perusahaan untuk dapat menjadi role model dalam penerapan budaya di masing-masing perusahannya. Dengan begitu para pekerja juga akan terbiasa menerapkan budaya HSE dalam tiap pekerjaan yang dilaksanakan.

"Pemimpin perusahaan harus bisa menjadi role model, dan tentunya dengan kegiatan penandatanganan komitmen ini bisa membangun budaya bersama-sama sesuai dengan peran masing-masing. Dengan demikian semangat untuk saling mengingatkan dan bekerja secara aman sudah menjadi bagian dari value setiap orang hingga akhirnya tercapai zero insiden," jelasnya.

Selain penandatanganan komitmen bersama, kegiatan ini juga menyuguhkan diskusi dan tanya jawab bagi para mitra kerja Pertamina EP dan juga pemaparan dari Vice President HSSE Heri Budiarso dan VP Drilling and Workover Praneto Maaruf.