PT Pertamina EP Borong Penghargaan Indonesia CSR Award

15 Desember 2017

Jakarta - PT. Pertamina EP raih dua penghargaan Platinum pada ajang Indonesia CSR Award (ICA) 2017 dalam kategori perusahaan pertambangan dan energi yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSNi) dan Corporate Forum for Community Development (CFCD). 

Pemberian penghargaan tersebut digelar di Balai Kartini, Jakarta pada Kamis (30/11/2017) lalu dan dihadiri oleh perusahaan-perusahaan dari seluruh Indonesia, seperti PT Pertamina Lubricant, PT Adaro, PT Kaltim Prima Coal, dan lain sebagainya.

Dua penghargaan kategori Platinum yang didapat adalah di Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat melalui program pendidikan dan budaya Sekolah Tapal Batas di Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan Bidang Lingkungan melalui Program Pengelolaan Lingkungan (Termasuk Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim), yaitu Rumah Inspirasi “Bank Sampah” Subang.

Public Relation Manager PT Pertamina EP, Muhammad Baron, mengatakan apa yang diperoleh merupakan kerja sama semua pihak, tidak hanya perusahaan tapi juga stakeholder yang ada. Penghargaan ini adalah bukti bahwa apa yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat dan benar-benar ditujukan untuk masyarakat sekitar wilayah operasional dengan program-program yang dilaksanakan.

“Dua penghargaan platinum yang kami terima merupakan kebanggaan bagi kami dan juga tentunya masyarakat dan stakeholder yang terlibat,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa Sekolah Tapas Batas memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu mencerdaskan anak-anak bangsa yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Sekolah ini fokus pada pemberantasan buta aksara, memberikan pendidikan bagi anak TKI dan pendidikan pemberdayaan usaha mandiri bagi masyarakat Sebatik.

Sementara Rumah Inspirasi Subang adalah program yang berbasis kemasyarakatan dan diharapkan mampu menjawab salah satu permasalahan di Kabupaten Subang, yaitu masalah penanganan sampah. Program Rumah Inspirasi Subang tersebut memiliki dua kegiatan utama, yaitu Bank Roentah Inspirasi (Broeri) dan Sanggar Inspirasi (Sari).

Broeri berfokus pada bidang lingkungan seperti pengelolaan sampah. Adapun Sari berfokus pada bidang pendidikan dan kebudayaan melalui Dangdeur English Club, Ngamumule Kasundaan, Taman Baca Inspirasi, Pojok Inspirasi, Bengkel Kreatif dan Cafein.

Diharapkan dengan adanya program tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar serta memberikan inspirasi untuk seluruh pemangku kepentingan.