Produksi Lapangan Lepas Pantai PT Pertamina EP Poleng Field Capai 100,5% Diatas Target

06 Februari 2017

Jakarta – PT Pertamina EP anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak di sector hulu minyak dan gas bumi nasional, serta merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah naungan SKKMigas, mampu memberikan kontribusi yang maksimal.

PT Pertamina EP yang memiliki wilayah kerja seluruh Indonesia dengan luasan mencapai 113.000 KM2, dengan lapangan yang berada di darat (Onshore) dan di laut (Offshore) terus berupaya memenuhi target lifting nasional.

Kali ini, kinerja positif ditunjukkan di lapangan – lapangan lepas pantai yang dikelola oleh PT Pertamina EP, salah satunya adalah Poleng Field yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Selama tahun 2016, Poleng Field mampu menghasilkan realisasi rata – rata produksi minyak sebesar 2.858 BOPD atau 100.5 % diatas target RKAP sebesar 2.843 BOPD.

"Tingkat produksi ini lebih tinggi 140% setelah dikelola oleh PT Pertamina EP tahun 2013, dibandingkan saat dikelola oleh operator sebelumnya yang mencapai rata – rata produksi sebesar 2.030 BOPD", ujar Pribadi Mahagunabangsa, Operation & Production Director PT Pertamina EP.

Tingkat produksi tersebut didapatkan dengan menjalankan beberapa metode produksi, seperti misalnya Teknologi penggunaan GLPO (Gas Lift Pack Off) yang digunakan untuk optimasi sumur gas lift, dan menjaga terjadinya low & off untuk menjaga tingkat produksi.

Produksi Poleng Field, lanjut Nanang, didapatkan dari 4 platform sumur produksi yaitu platform AW, BW, yang dibangun kurang lebih 42 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1975, kemudian platform CW dan DW, serta 1 platform untuk pemrosesan yaitu Poleng Production Platform yang dibangun pada tahun 2007.

"Meskipun lapangan yang kami kelola relatif tua, kami tetap optimis untuk bisa memproduksikan minyak dan gas bumi sesuai dengan target yang ditentukan. Dan Alhamdulillah kami bersyukur selama tahun 2016, lapangan poleng mampu melampaui target yang ditetapkan tersebut", jelas Pribadi.

Sementara itu, untuk target 2017, Poleng Field ditargetkan mencapai produksi minyak bumi sebesar 3.088 BOPD.

"Kami masih optimis dengan target yang ditentukan tersebut, karena tingkat produksi minyak hingga 29 Januari 2017 sudah mencapai angka 2.983 BOPD. Saya harapkan teman – teman di Poleng Field tetap semangat dan bisa meningkatkan performanya untuk mencapai target tersebut", pungkas Pribadi. ***