Pertamina EP Tarakan Field Olah Air Sungai Sembakung menjadi Air Bersih

22 Nopember 2016

Sembakung - Desa Tepian merupakan salah satu desa di Kecamatan Sembakung yang terletak di bantaran Sungai Sembakung Kabupaten Nunukan Propinsi Kalimantan Utara. Dengan kondisi geografis ini untuk pemenuhan kebutuhan air selama ini masyarakat Desa Tepian hanya mengandalkan air tadah hujan dan air sungai Sembakung untuk kebutuhan MCK (mandi, cuci dan kakus).

Kegiatan MCK seyogyanya dilakukan di jamban yang memenuhi standar. Namun, kenyataan masih banyak yang melakukan MCK di sungai. Desa Tepian ini dihuni sekitar 200 KK. Mata pencaharian atau pekerjaan utama warga disini adalah Nelayan dan petani.

Menurut warga desa, mereka sudah terbiasa mencuci pakaian dan mandi di sungai. Bahkan untuk air untuk minum dan masak pun diambil dari Sungai sembakung tersebut. Mereka melakukan hal ini karena sudah merasakan nyaman melakukan MCK di sungai, walaupun mereka juga tahu jika kualitas air sungai sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain merasa nyaman melakukan kebiasaan yang sudah turun temurun tersebut, alasan utama masyarakat Desa Tepian masih menggunakan sungai untuk kegiatan sehari-hari adalah karena mereka tidak memiliki biaya yang cukup untuk membuat kamar mandi sendiri dan mengolah air bersih. Alasan lain yaitu karena kesadaran masyarakat akan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan yang mereka lakukan di sungai sangat kurang.

Melihat kondisi seperti ini PT Pertamina EP mengulirkan Program Pengelolaan air bersih dengan memanfaatkan air sungai dengan proses penjernihan melalui pemasangan filter sehingga menghasilkan air dengan kualitas baik untuk dikonsumsi.

Menurut Staff CSR Pertamina EP Tarakan Field Hariyanto, rencana sebelumnya kami akan melakukan kegiatan pengeboran sumur air, namun karena kondisi Desa Tepian merupakan daerah rawa dan berdasarkan informasi dari warga yang pernah melakukan pengeboran sumur air, banyak mengeluarkan gas rawa, sehingga program tersebut dialihkan dengan memanfaatkan air sungai sebagai bahan bakunya.

"Allhamdullilah untuk tahap pertama ini tahun 2016, program pengelolaan air bersih sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Tepian, dimana kedepan akan kami kembangkan pengelolaan air bersih ini dengan kapasitas yang lebih besar dan dapat disaluran langsung kerumah-rumah warga dimana sistem pengelolaan air di tangani langsung oleh Badan Usaha Milik desa (Bumdes) yang sudah dibentuk di Desa Tepian", ujar Hariyanto. (pep)


Comment on this article:
 


 
Previous | Next
There are no notes posted yet. You can use notes to comment on a page, document, or external site. When you create notes they will appear here and under your profile for easy retrieval. Other people can also view the notes you post.
Applications